Latihan Mengasih Syakal
اَلتَّفَرُّقَةُ فِي الطَّرِيْقَةِ الَّتِيْ تُتْبَعُ
فِي التَّعْلِيْمِ
فَطَرِيْقَةُ تَعْلِيْمِ
الْأَطْفَالِ تَخْتَلِفُ عَنْ طَرِيْقَةِ الَّتِيْ تُتْبَعُ فِيْ تَعْلِيْمِ الْكِبَارِ.
وَقَدْ نَادَى الْغَزَالِي بِهَذَا الرَّأْيِ، لِاَنَّ هُنَاكَ فَرْقًا بَيْنَ إِدْرَاكِ
الصِّغَارِ وَإِدْرَاكِ الْكِبَارِ حَيْثُ قَالَ : (( إِنَّ مِنْ أَوَّلِ وَاجِبَاتِ
الْمُرَبِّي أَنْ يُعَلَّمَ الطِفْلَ مَا يَسْهُلُ عَلَيْهِ فَهْمُهُ. لِاَنَّ الْمَوْضُوْعَاتِ
الصُّعْبَةَ تُؤَدِّي إِلَى ارْتِكَابِهِ الْعَقْلِي وَتُنَفِّرُهُ مِنَ الْعِلْمِ))
.
Perbedaan metode yang dipakai dalam mengajar
Metode pengajaran untuk anak kecil berbeda
dengan metode pengajaran untuk orang dewasa. Al ghazali menyarankan hal ini,
karena ada perbedaan mendasar antara pemahaman
antara orang dewasa dengan anak-anak. Dia mengatakan, “hal pertama yang
mesti diajarkan oleh seorang pendidik adalah sesuatu yang mudah untuk mereka
pahami, karena topik-topik yang sulit akan menyebabkan mereka bingung lari dari ilmu.”
وَيُشَارِكَهُ الْعَلَّامَةُ
اِبْنُ خَلْدُوْنَ فِي هَذَا الرَّأْيِ قَائِلًا :وَقَدْ شَاهَدْنَا كَثِيْرًا مِنَ
الْمُعَلِّمِيْنَ لِهَذَا الْعَهْدِ الَّذِيْ أَدْرَكْنَا يَجْهَلُوْنَ طُرَقَ التَّعْلِيْمِ
وَإِفَادَتِهِ، وَيُحْضِرُوْنَ لِلْمُتَعَلِّمِ فِي أَوَّلِ تَعْلِيْمِهِ اَلْمَسَائِلَ
الْمُقَفِّلَةَ مِنَ الْعِلْمِ، وَيُطَالِبُوْنَ ذِهْنَهُ بِحَلِّهَا، وَيَحْسِبُوْنَ
ذَلِكَ مَرَانَةً عَلَى التَّعْلِيْمِ وَصَابًا فِيْهِ.
Ibnu Khaldun juga menyebutkan hal yang senada,
ia berkata, “Kami telah banyak menyaksikan pendidik pada masa ini, kami dapati
mereka kurang memahami metode pengajaran, diawal-awal pembelajaran mereka sudah
menyuguhkan kepada peserta didik hal-hal yang membuat mereka terhalang dari
ilmu, mereka menuntut peserta didik untuk memecahkan hal-hal yang sulit, dan
mereka menyangka itu sebuah bentuk fleksibelitas dan ketepatan dalam mengajar.
فَإِنَّ قَبُوْلَ الْعِلْمِ
وَالْاِسْتِعْدَادَ لَهُ يُنْشَأُ تَدْرِيْجِيًّا. فَالْغَزَالِي وَاِبْنُ خَلْدُوْنَ
وَغَيْرُهُمَا مِنْ فَلَاسِفَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ يَرَوْنَ أَنَّ تَفْكِيْرَ الطِّفْلِ
يَخْتَلِفُ عَنْ تَفْكِيْرِ الرَّجُلِ، وَيَجِبُ مُرَاعَاةُ ذَلِكَ فِي طَرِيْقَةِ
التَّدْرِيْسِ لِكُلِّ مِنْهَا. وَيُعَدُّ هَذَا الرَّأْيُ مِنْ أَهَمِّ الْآرَاءِ
فِي التَّرْبِيَّةِ الْحَدِيْثَةِ فِي الْقَرْنِ الْعِشْرِيْنَ.
Seharusnya transformasi ilmu itu disusun
secara bertahap (gradasi). Al Ghazali dan Ibnu Khaldun serta para tokoh
filsafat pendidikan Islam lainnya memandang bahwa pemikiran anak kecil itu
berbeda dengan pemikiran orang dewasa, hal ini mesti diperhatikan dalam metode
pengajaran untuk masing-masing dari keduanya. Pendapat ini dianggap sebagai
pendapat yang paling penting dalam pendidikan islam modern pada abad ke 20.
فَالطِّفْلُ يَحْتَاجُ
إِلَى الْأَمُوْرِ الْمُحَسَّةِ الَّتِيْ تَتَّصِلُ بِبِيْئَتِهِ، وَالْمَوَادِ
السَّهْلَةِ الَّتِيْ يُمْكِنُهُ أَنْ يَفْهَمَهَا. وَالرَّجُلُ يَسْتَطِيْعُ أَنْ
يُدْرِكَ اْلأَمُوْرَ الْمَعْنَوِيَّةَ الَّتِيْ تَتَّفِقُ مَعَ الْعَقْلِ وَالْمَنْطِقِ.
Anak kecil membutuhkan hal-hal yang bersifat
kongkrit yang berhubungan dengan lingkungannya dan materi-materi yang sederhana
yang mudah mereka pahami. Sedangkan orang dewasa ia mampu menjangkau hal-hal
yang bersifat abstrak yang sesuai dengan akal dan logika.
اَلتَّرْبِيَّةُ الْإِسْلَامِيَّةُ تَرْبِيَّةٌ
اِسْتِقْلَالِيَّةٌ
إِنَّ مَنْ يَنْظُرْ إِلَى طُرُقِ التَّدْرِيْسِ فِي
التَّرْبِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ – فِي الْمَسَاجِدِ وَالْمَعَاهِدِ وَدَوْرِ الْعِلْمِ
– يَجِدْ أَنَّهَا كَانَتْ تَرْمِي إِلَى تَعْوِيْدِ الطَّلَبَةِ اْلإِعْتِمَادَ عَلىَ
أَنْفُسِهِمْ فِي التَّعَلُّمِ، فَالْمُدَرِّسُ أَوْ اَلْمُحَاضِرُ يُعِيْنُ لِطَلَبَتِهِ بَعْدَ الْاِنْتِهَاءِ مِنْ دَرْسِهِ كَلَّ يَوْمٍ
تَعْيِيْنًا خَاصًّا مِنَ اْلكِتَابِ الَّذِيْ يَدْرُسُوْنَهُ، لِقِرَاءَةِ التَّعْيِيْنِ
قَبْلَ الدَرْسِ وَإِعْدَادِهِ وَالْاِجْتِهَادِ فِي فَهْمِهِ. فَإِذَا ذَهَبَ الطُّلَّابُ
إِلَى الدَّرْسِ أَصَغُوْا إِلَى أُسْتَاذِهِمْ، وَاسْتَمَعُوْا إِلَيْهِ وَهُوَ يَشْرَحُ
الدَّرْسَ، وَيُفَسِّرُ النُقْطَ الصُّعْبَةَ فِيْهِ، وَيُرْشِدُ مَنْ يَحْتَاجُ إِلَى
الْإِرْشَادِ، وَيُسَاعِدُ مَنْ يَحْتَاجُ إِلَى الْمُسَاعَدَةِ، وَيَجِيْبُ عَمَّا
يَسْأَلُوْنَهُ مِنَ الْأَسْئِلَةِ، وَيُنَاقِشُهُمْ فِيْمَا يَحْتَاجُ إِلَى مُنَاقَشَةٍ.
Pendidikan Islam sebagai pendidikan yang
independen
Siapa saja yang memperhatikan metode
pengajaran dalam pendidikan Islam yang ada di mesjid-mesjid, pondok-pondok
pesantren maka ia akan menemukan metode pengajaran yang mengarahkan siswa agar
tebiasa percaya diri dalam belajar. Pendidik selalu menyarankan siswanya setiap
hari agar membaca pelajaran sebelum belajar, menyiapkannya, dan berusaha
sungguh-sungguh dalam memahaminya. Apabila siswa mendatangi pelajaran mereka
mendengarkan perkataan guru-guru mereka, mereka menyimak penjelasan guru dan
guru menjelaskan hal-hal yang dianggap sulit, guru membimbing siapa yang butuh
bimbingan, membantu siapa yang butuh bantuan, menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang diajukan, dan mendiskusikan kepada murid-muridnya hal-hal yang mesti
didiskusikan.
وَبِهَذِهِ الطَّرِيْقَةِ يَعْتَادُ الطُلَّابُ الإِعْتِمَادَ عَلَى النَّفْسِ فِي
اْلقِرَاءَةِ وَالْفَهْمِ وَالْبَحْثِ، وَيَرَوْنَ تَرْبِيَّةً اِسْتِقْلَالِيَّةً.
Dengan metode ini siswa menjadi terbiasa
percaya diri dalam membaca, memahami, dan membahas sesuatu serta guru-guru
mendidik siswanya dengan pendidikan yang independen
وَكَانَتْ طَرِيْقَةُ التَعْيِيْنَاتِ مُتَّبَعَةٌ
فِي الْجَامِعِ الْأَزْهَرِ. وَقَدْ كُوِّنَتْ مِنَ اْلعُلَمَاءِ الْمَعْرُوْفِيْنَ
بِالْعِلْمِ، وَالصَّلَاحِ التَقْوَى، وَالشَّجَاعَةِ اْلأَدَبِيَّةِ. وَكَانَ
الْمُحَاضِرُ يَلْقَى مُحَاضَرَتَهُ وَهُوَ مُتَمَكِّنٌ مِنْهَا كُلَّ التَّمَكُّنِ،
وَيَشْرَحُ آرَاءَ الْعُلَمَاءِ، وَيُبَيِّنُ وَجْهَةَ نَظَرِ كُلٍّ مِنْهُمْ، وَيَبْدَى
رَأْيَهُ الْخَاصَّ، وَيَتْرُكَ لِلطَّلَبَةِ اَلْحُرِّيَةَ فِي الْأَسْئِلَةِ وَالْمُنَاقَشَةِ.
وَفِيْ التَّرْبِيّةِ الْحَدِيْثَةِ تُسَمَّى طَرِيْقَةُ التَّعْيِيْنِ طَرِيْقَةَ
(دَلْتَوُنَ)، وَهِيَ طَرِيْقَةٌ حَدِيْثَةٌ
تُنْسَبُ إِلَى ((مُسْ هِيْلِيْنْ بَارِكْهَرَسَتْ)) وَقَدْ جُرِبَتْ طَرِيْقَتُهَا
فِي بَلْدَةِ (دَلْتُوْنَ) بِوِلَايَةِ مَسَاشُوْسَتْسَ مِنَ الْوِلَايَةِ الْمُتَّحِدَةِ
بِأَمْرِيْكَا. وَهِيَ لَا تَخْتَلِفُ عَنْ الطَرِيْقَةِ الْأَزْهَرِيَّةِ قَدِيْمًا
فِي التَّرْبِيَّةِ وَالتَّعْلِيْمِ.
Metode Ta’yin yang yang dipakai di Jami’ al
Azhar adalah diambil dari ulama-ulama yang terkenal dengan ilmu, keshalehan,
ketaqawaan, dan sastrawan. Guru yang menyampaikan pelajaran adalah guru yang
benar-benar menguasai ilmu yang diajarkannya, ia menjelaskan pendapat-pendapat
ulama, menerangkan sisi sisi pendalilan masing-masing mereka, membuat
pendapatnya pribadi, memberikakan kebebasan kepada peserta didik untuk bertanya
dan berdiskusi. Dalam pendidikan modern
metode ta’yin disebut metode Deltwon, ia adalah metode modern yang disandarkan kepada
Hellen Keller. Metode ini telah diuji coba di negara Deltown di wilayah Massachusetts, Amerika Serikat. Metode ini mirip dengan metode
Azhariyah dahulu dalam pendidikan dan pengajaran.
نِظَامُ التَّعْلِيْمِ الْفَرْدِي فِي التَّرْبِيَّةِ
اْلِإسْلَامِيَّةِ
إِنَّنَا نَقْصُدُ مِنَ التَّعْلِيْمِ الْفَرْدِي مُرَاعَاةً
قَوَّةً كَلَّ فَرْدٍ وَمُسٍتَوَاهُ فِيْمَا يُدَرِّسُهُ مِنَ الْمَوَادِ. وَفِيْ
عَالِمِ الْتَرْبِيَّةِ اَلْيَوْمَ حَرَكَةٌ قَوْمِيَّةٌ تَحَضُّ عَلَى اتِّبَاعِ
هَذَا النِّظَامِ. وَقَدْ تَعَجَّبَ إِذَا عَرَفْتَ أَنَّهُ قَدْ رُوْعَى فِي التَّرْبِيَّةِ
الْإِسْلَامِيّةِ الْعَرِيْقَةِ مُنْذُ قُرُوْنٍ مَضَتْ، وَكَانَ لِكُلِّ طَالِبٍ
اَلْحُرِّيَةُ فِي أَنْ يَخْتَارَ أُسْتَاذَهُ الَّذِي يَتَلَقَّى الْعِلْمَ عَنْهُ،
وَلَا يُفْرَضُ عَلَيْهِ أُسْتَاذٌ مُعَيَّنٌ، وَيَخْتَارَ الْمَوَادَ الَّتِيْ يَدْرُسُهَا،
وَيَسِيْرُ فِي كُلٍّ مِنْهَا عَلَى حَسَبِ مُسْتَوَاهُ.
Sistem pendidikan individu dalam pendidikan
Islam
Hal yang kita maksud dengan pengajaran
individu disini adalah memberikan kebebasan kepada setiap orang dan kelompoknya
untuk mempelajari materi yang mereka inginkan. Dalam dunia pendidikan sekarang
ada gerakan yang menggoyang sistem ini. Ini suatu hal yang mengherankan,
padahal sistem ini sudah diperhatikan dalam sistem pendidikan islam klasik semenjak
beberapa abad yang lalu. Setiap siswa diberikan kebebasan untuk memilih guru
yang akan mereka menimba ilmu darinya, tidak mengharuskan mereka belajar dengan
guru tertentu, mereka memilih materi yang akan mereka pelajari. Setiap siswa
belajar sesuai tingkatannya masing-masing.
وَكَانَتِ التَبِعَةُ فِي الدِّرَاسَةِ وَالْبَحْثِ
تَلَقَّى عَلَى عَاتِقِ الطَّالِبِ. فَهُوَ مُلْزّمٌ بِإِعْدَادِ الدَّرْسِ أَوِ
التَّعْيِيْنِ، وَقِرَاءَتِهِ، وَمُحَاوَلَةِ فَهْمِهِ، وَمُنَاقَشَتِهِ مَعَ غَيْرِهِ
مِنْ زُمَلَائِهِ، قَبْلَ أَنْ يَحْضُرَ دَرْسَ أُسْتَاذَهُ، وَسُؤَالِ الْأُسْتَاذِ
عَنِ النُقْطِ الَّتِي يَشْعُرُ بِصُعُوْبَتِهَا فِي الدَّرْسِ، وَكَانَ يَسِيْرُ
مَعَ أُسْتَاذِهِ مِنْ دَرْسٍ إِلَى دَرْسٍ حَتَّى يَنْتَهِيَ الْكِتَابَ اَّلذِي
يَقْرَؤُهُ الأُسْتَاذَ. وَكَانَ الْمُدَرِّسُ عَلَى صِلَةٍ رُوْحِيَّةٍ كَبِيْرَةٍ
بِتَلَامِيْذِهِ، يَعْرِفُ قَوَّاهُمْ وَمُيُوْلَهُمْ وَرَغْبَاتِهِمْ وَيُرَاعِيْهَا
فِي تَدْرِيْسِهِ. وَلِلصِّلَةِ الرُّوْحِيَّةِ الْقَوِّيَةِ بَيْنَهُ وَبَيْنَهُمْ
كَانُوْا يَسْتَفِيْدُوْنَ كَثِيْرًا مِنْ عِلْمِهِ وَخَلْقِةِ، وَيَنْتَفِعُوْنَ
مِنَ الْاِتِّصَالِ بِهِ رُوْحِيًّا وَعِلْمِيًّا، وَهَذَا رُوْحُ التَّرْبِيَّةِ
الْحَدِيْثَةِ اَلْيَوْمَ.
Konsekuensinya belajar terletak pada pundak
siswa, dia harus menyiapkan pelajaran dan membacanya, berusaha memahaminya,
berdiskusi dengan teman-temannya sebelum menghadiri pelajaran yang disampaikan
guru, bertanya kepada guru materi-materi yang mereka anggap sulit, mereka
belajar dari satu pelajaran ke pelajaran berikutnya sampai selesai buku yang
mereka pelajari. Guru punya hubungan yang harmonis dengan siswa-siswanya.
Siswa-siswa mengambil manfaat yang banyak dari gurunya berupa ilmu dan akhlak.
Dari interaksi ini mereka mendapatkan faedah yang bersifat moral dan keilmuan.
Inilah ruh pendidikan modern hari ini.
وكَانَ الْمُتَعَلِّمُوْنَ يُشَبِّعُوْنَ رَغْبَاتِهِمْ
بِمَا يَحْتَاجُوْنَ إِلَيْهِ مِنَ الْعِلْمِ، وَيَسْتِمِدُّوْنَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ
فِي الْبَحْثِ وَرَاءَ الْحَقِيْقَةِ حُبَّا فِي الْوُصُوْلِ إِلَيْهَا، يُرْشِدُهُمْ
اَلْمُعَلِّمُ حِيْنَ يَحْتَاجُوْنَ إِلَى الْإِرْشَادِ، وَيَجِدُوْنَ لَذَّةً فِي
التَّعَلُّمِ, وَيَعْطُوْنَ الْحُرِّيَةَ فِي الْعَمَلِ بِأَنْفُسِهِمْ، فَيَتَعَوَّدُوْنَ
الْجُدَّ وَالْمُثَابَرَةَ عَلَى الْعَمَلِ، وَالْاِعْتِمَادَ عَلَى النَّفْسِ، وَالتَغَلُّبَ
عَلَى الصُّعُوْبَاتِ الَّتِيْ تُعْرَضُهُمْ، وَيُمَرِّنُوْنَ عَلَى إِتْقَانِ الْعَمَلِ
وَإِجَادَتِهِ، وَيَعْتَادُوْنَ الصِفَاتِ الضَرُوْرِيَّةَ لِلنَّجَاحِ فِي الْحَيَاةِ
الْعِلْمِيَّةِ وَالْعَمَلِيَّةِ.
Peserta didik mengeyangkan keinginan mereka dengan ilmu-ilmu yang
mereka butuhkan. Mereka melakukan penelitian-penelitian didorong oleh kecintaan
terhadap kebenaran. Guru membimbing mereka ketika mereka butuh bimbingan.
Mereka merasakan kelezatan belajar. Guru-guru memberikan kebebasab kepada
mereka untuk bekerja sesuai keinginan mereka. Mereka terbiasa sungguh-sungguh
dalam bekerja dan penuh percaya diri. Mereka mampu menghadapi
tantangan-tantangan yang ditemukan, Mereka terlatih bekerja dengan mahir dan
berkualitas. Mereka membiasakan diri dengan sifat-sifat yang penting untk
meraih kesuksesan dalam bidang keilmiahan dan pekerjaan.
وَلَمْ تَقْتَصِرْ طُلَّابُ الْعِلْمِ عَلَى التَّحْصِيْلِ
مِنَ الْكُتُبِ وَحْدَهَا، فَكَانَ أَسَاتِذَتُهُمْ يُشَجِّعُوْنَهُمْ عَلَى الرَحِيْلِ
فِيْ سَبِيْلِ طَلَبِ الْعِلْمِ لِلْاِتِّصَالِ بِاْلعُلَمَاءِ وَاْلأُدَبَاءِ وَالْمُؤَلِّفِيْنَ،
وَأَخْذِ الْعُلُوْمِ مِنْ مَنَابِعِهَا الْأَصْلِيَّةِ. وَكِثِيْرًا مَا احْتَمَلَ
الطُلَّابُ قَدِيْمًا مَشَاقَ السَفَرِ الطَوِيْلِ لِلْاِتِّصَالِ شَخْصِيًّا بِأَسَاتِذَتِهِمْ،
وَرَحَلُوْا إِلىَ أَقَاصِى الْبِلَادِ الْاِسْلَامِيَّةِ لِتَحْقِيْقِ مَسْأَلَةٍ
عِلْمِيَّةٍ أَوْ فِقْهِيَّةٍ وَاحِدَةٍ.
Peserta didik tidak mencukupkan diri mengambil
ilmu dari buku-buku saja, bahkan guru-guru mereka memotivasi mereka untuk
melakukan perjalanan menuntut ilmu agar bisa bertemu para ulama, sastrawan,
dan penulis buku, serta memotivasi
mereka untuk mengambil ilmu dari sumbernya yang asli. Para siswa dahulu banyak
mendapati perjalanan panjang yang menyulitkan untuk bertemu secara langsung
dengan guru-guru mereka, Bahkan terkadang untuk meneliti satu permasalahan fiqh
mereka harus berjalan ke ujung negri-negri Islam.
مِنْ هَذَا كُلِّهِ نَرَى أَنَّ التَرْبِيَّةَ الْاِسْلَامِيَّةَ
كَانَتْ تُنَادِي بِحُسْنِ الصِّلَةِ بَيْنَ الْمُدَرِّسِ وَتَلَامِيْذِهِ، وَمُرَاعَاةِ
مُسْتَوَى الْمُتَعَلِّمِيْنَ وَمَوِاهِبِهِمْ وَاسْتِعْدَادَاتِهِمْ، وَالرِّحْلَاتٍ
فِي سَبِيْلِ الدِّرَاسَةِ وَالْبَحْثِ الْعِلْمِي. وَهَذِهِ كُلُّهَا مَبَادِئُ نُعِدُّهَا
مِثَالِيَّةً فِي التَّرْبِيَّةِ الْحَدِيْثَةِ فِي الْقَرْنِ الْعِشْرِيْنَ.
Berdasarkan hal diatas, bisa kita katakan
bahwa pendidikan islam itu mengajak agar terjalinnya hubungan yang baik antara
guru dan murid-muridnya, memperhatikan tingkat kemampuan, bakat dan kesiapan
siswa, dan memotivasi siswa untuk melakukan perjalanan ilmiah dan penelitian.
Inilah dasar-dasarnya pendidikan Islam, kami melihatnya sebagai pendidikan
modern yang ideal di abad ke-20.
مُرَاعَاةِ الْاِسْتِعْدَادَاتِ الْفِطْرِيَّةِ وَاْلغَرَائِزِ
الطَبِعِيَّةِ لِلْمُتَعَلِّمِ فِي إِرْشَادِهِ إِلَى الْمِهْنَةِ الَّتِي يَخْتَارَهَا.
لَقَدْ طَالَبَ عُلَمَاءُ التَرْبِيَّةِ الْاِسْلِامِيَّةِ
بِمُرَاعَاةِ مُيُوْلِ الْمُتَعَلِّمِ، وَاسْتِعْدَادَاتِهِ الْفِطْرِيَّةِ، وَقُدْرَاتِهِ
الطَبِعِيَّةِ، عِنْدَ إِرْشَادِهِ إِلَى الْمِهْنَةِ الَّتِي يَخْتَارُهَا فِيْ مُسْتَقْبَلِ
حَيَاتِهِ، وَخَاصَّةً اِبْنُ سِيْنَا فَقَدْ نَادَى بِالْعِنَايَةِ بِدَرَاسَةِ مُيُوْلِ
الطِفْلِ، وَجَعَلَهَا أَسَاسًا لِإِرْشَادِهِ وَتَرْبِيَّتِهِ قَائِلًا :
Memperhatikan kesiapan siswa dan watak alami
mereka dalam membimbing mereka untuk mencapai profesi yang mereka pilih.
Tokoh-tokoh pendidikan Islam menuntut agar
praktisi pendidikan memperhatikan kecendrungan-kencendrungan siswa,
kesiapan-kesiapan mereka, kemampuan-kemampuan alami yang mereka miliki ketika
mengarahkan mereka kepada profesi yang mereka pilih untuk kehidupan masa depan
mereka. Demikian juga hal nya Ibn Sina, ia mengajak untuk memperhatikan kajian
minat-minat anak, dan menjadikannya dasar untuk membimbing dan mengarahkan
mereka.
(( لَيْسَ كُلُّ صِنَاعَةٍ يَرُوْمُهَا الصَّبِيُّ
مُمَكِّنَةً لَهُ مُوَاتِيَّةٌ، وَلَكِنْ مَا شَاكَلَ طَبْعُهُ وَنَاسِبُهُ. وَلِذَلِكَ
يَنْبَغِي لِمُدَبِّرِ الصَّبِيّ إِذَا رَامَ اخْتِيَارَ صِنَاعَةٍ أَنْ يَزِنَ أَوَّلًا
طَبْعَ الصَّبِي، وَيَسْبَرَ قَرِيْحَتَهُ، وَيَخْتَبِرَ ذَكَاءَهُ، فَيَخْتَارُ لَهُ
الصِنَاعَاتِ بِحَسَبِ ذَلِكَ.))
Ia berkata, “Tidaklah setiap pekerjaan yang
mungkin itu baik untuk anak, akan tetapi yang baik itu adalah yang cocok dengan
karakter dan sifatnya. Karena itu, bagi seorang pendidik ketika hendak
memilihkan pekerjaan untuk anak didiknya, maka hendaklah yang pertama ia
pertimbangkan adalah watak anak, ia selidiki tabiatnya, ia uji kecerdasannya,
kemudian baru ia pilihkan untuknya pekerjaan berdasarkan pertimbangan itu.
وَهِيَ ثَمِيْنَةٌ لِاِبْنِ سِيْنَا، يَنْصَحُ فِيْهَا
اَلْمُرَبِّيْنَ الَّذِيْنَ يُرِيْدُوْنَ اخْتِيَارَ صِنَاعَةٍ لِصَبِيٍّ مِنَ الصِّبْيَانِ،
أَنْ يَزِنُوْا طَبْعَهُ أَوْ مَيْلَهُ، وَيَعْرِفُوْهُ وَيَخْتَبِرُوْا عَقْلَهُ
وَذَكَاءَهُ، حَتَّى يَخْتَارُوْا لَهُ صُنْعَةً تُنَاسِبُ مَيْلَهُ وَعَقْلِيَّتَهُ،
فَإِذَا كَانَ يَمِيْلُ إِلَى الدِرَاسَةِ الْأَدَبِيَّةِ وَجِّهْ إِلَيْهَا، وَإِذَا
رَغِبَ فِي النَّاحِيَةِ الْعِلْمِيَّةِ شَجِّعْ عَلَى اخْتِيَارِهَا، وَإِذَا أَحَبَّ
الدِّرَاسَةَ الْعِلْمِيَّةَ أَعْطِى الْفُرْصَةَ فِي دِرَاسَتِهَا. وَهَذَا رَأْيٌ
مِنْ أَثْمَنِ اْلآرَاءِ فِي التَّرْبِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ، وَنَحْنُ نُنَادِي
بِهِ اَلْيَوْمَ فِي التَّرْبِيَّةِ الْحَدِيْثَةِ.
Ini adalah nasehat yang berharga dari Ibn Sina
bagi pendidik yang hendak memilihkan pekerjaan buat anak didiknya. Hendaklah ia
memperhatikan tabiat atau minat anaknya, hendaklah ia mengetahui dan menguji
pemikiran dan kecerdasannya, sehingga ia bisa memilihkan pekerjaan yang sesuai
dengan minat dan pemikirannya. Apabila ia berminat untuk kajian sastra maka arahkanlah
ia ke kajian-kajian sastra, apabila ia cenderung untuk bekerja maka arahkanlah
ia untuk memilih pekerjaan yang cocok. Apabila ia menyukai kajian-kajian ilmiah
maka berikanlah kesempatan kepadanya untuk itu. Inilah pandangan yang sangat
berharga dalam pendidikan Islam. Hari ini, dalam pendidikan modern kita
menggunakan pandangan itu.
Kosa kata sulit
Melihat
Pembiasaan
Dosen atau
pengajar
Mendengarkan
Petunjuk
Diskusi
Berharga
Heran
Klasik
Abad
Kebebasan
Diwajibkan
|
يَنْظُرْ
تَعْوِيْدِ
اَلْمُحَاضِرُ
أَصَغُوْ
الْإِرْشَادِ
مُنَاقَشَةٍ.
ثمينة
تَعَجَّبَ
الْعَرِيْقَة
قُرُوْنٍ
اَلْحُرِّيَةُ
يُفْرَضُ
|
Perbedaan
Metode
Pengajaran
Anak-anak
Berbeda
Orang dewasa
Anak kecil
Sistem
Pendidikan
Menjaga
Materi
Gerakan
|
اَلتَّفَرُّقَةُ
الطَّرِيْقَةِ
التَّعْلِيْمِ
الْأَطْفَالِ
تَخْتَلِفُ
الْكِبَارِ
الصِّغَار
نِظَامُ
التَّرْبِيَّةِ
مرَاعَاةً
الْمَوَادِ
حَرَكَةٌ
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar